Darimana datangnya ‘Aku’

my big fam...

my big fam...

Banyak yang salah kaprah tentang Kasta, begitu juga saya. Sampai kemarin, masih saya menyalahkan kenapa ada kasta. Tapi ternyata saya yg belum memahaminya. Sering saya mengeluh, “kenapa kalo dengan orang yang tidak berkasta?” ungkap saya kepada aji (panggilan ayah di Bali untuk orang-orang yg berkasta). Masih saya belum mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang hal tersebut. Masih banyak tanda tanya dsini.

Sebagai perempuan yang berkasta, saya sendiri mengerti betapa beratnya harus berperilaku yang baik (tidak memalukan, menjaga perilaku), bukan berarti saya tidak berkelakuan baik.. haha.. cukup B di raport SMA saya untuk berkelakuan baik. Dan paling baik saya diam, kalem seperti sedang gelem (sakit). Tidak menjadi saya sendiri yang… yah, yg mungkin sedikit jail kalau diluar lingkungan Jero.

Sampai SMA, saya masih merasa menyebalkan menjadi orang yang berkasta (keegoisan waktu muda), karena bila saya berpacaran dengan orang yang (maaf) beda agama, sampai beda kasta, pasti akan datang beribu halangan tanpa juntrungan yang akhirnya saya lebih memilih menyerah pada keadaan, menyerah pada ego saya yang meledak sehingga saya lebih eksklusif (halaaah..selektif mungkin) dalam memilih pacar. Padahal tidak semua orang bisa bahagia dengan orang yang berkasta (aaaarrghhh…damn true).

Istilah kasta disebut dengan Warna, dimana di dalam Hindu, status seseorang didapat dari pekerjaannya.

Brahmana, yang merupakan golongan rohaniawan, atau golongan pendeta, jadi seseoang dikatakan Brahmana bukan diperoleh sejak lahir, tapi bagaimana dia menekuni ajaran keagamaan tersebut dan mampu memahami ajaran dengan baik, sehingga dapat menyampaikan kepada Ksatria, Waisya, sampai Sudra.

Ksatria, merupakan golongan bangsawan yang ada di dalam pemerintahan, menekuni bidang pemerintahan. Mampu untuk melindungi Brahmana, Waisya dan Sudra.

More

Dunia Kecilku..

Sudah lama tidak post disini.. hoho, saat ini sedang liburan. Seminggu lalu, tepatnya Selasa 22 Juli, saia berangkat ke Jakarta. Niatnya sih liburan sekalian nonton anak2 kampus pada bertanding Basket n Sepak Bola di UI. Supporter begitu, hee.. lumayanlah bareng-bareng sama temen-temen yang lain. 7 orang.. Wah, dan JUARA 1 pula!! Huiks.. mantaph euy.. ga salah jauh2 dateng dari BALI..

Lalu dimulailah kegiatan kita merasakan kerasnya Jakarta. Hahaha yang anak mami ga tahan deh. Panas, debu, matahari, polusi, hihi… Lengkap. Saya mulai mempelajari daerah busway, caranya dengan menggunakan kamera digital, dan saya foto itu denah, supaya ga tersesat.. haha. Cukup beruntung ada teman yg menemani. Saat bergelantungan di bus (penuh, n rame tuh busway!) temen saya berkata ‘wah, aku kangen Bali.. sumpah.. di Bali nanti aku ngambil mobil, trus ngebut di jalan bypass..’ sambil bergelantungan dan kaki terinjak-injak. ‘Iyah.. jadi kangen rumah..’ kata temen satu lagi. Beruntungnya tinggal di Bali. Pyuuuhh.. disana harus banyak sabar kalo ga mau cepet tua hahaha.

“The Kingdom of heaven is not a place, but it is a state of mind……”

Nah, kita mulai pada pembicaraan Logat, dialek atau bahasa Bali. Saya sedang krisis identitas diri sebagai orang Bali asli, (bukan Baliaga) hahaha.. katanya logat saya sangat Jakarta!! Dassshh!! Kunaon atuh neng?? Logat balinya mana?? Hiks.. hiks.. beberapa orang Jakarta yg saya temui pasti bilang seperti itu. ‘kok ga kaya temen-temen lo yang lain?’ begitu katanya. Saya Cuma tersenyum dan bingung.. mungkin huruf ‘T’ saya kurang kental.. seperti waktu sahabat saya menyebut “iiihh.. I’T’u loh.. pa’T’ung pancoran o? paTung.. paTung..” hahaha, saya tersinggung.. haha.. Padahal saya tidak tinggal di Jakarta, tidak jg arek Suroboyo! Huhuu.. Tiang asli saking Bali bli.. noT reject!! Sedihnyaaaa.. hihihi

Asyiikknyaaaa, banyak ketemu temen baruuu..

“ada saja cara sang hidup untuk berbicara kepada kita manusia, kadang melalui tubuh ini, kerap ia meminjam tubuh orang lain…”

Hah,, diaaa…[iya, kamu] selalu memenuhi kepalaku… beruntung mengenalnya, thanks for everything…

Movie mOst Wanted

aii..aii.. sebenerNya banyak bgt fiLm yg uda ditonton, haha, So, kaLo ada ReKomenDasi Film yang bagus, sok atuh dikasi tau saya…

Film yang wajib ditonton sekarang2 ini tuh :

1. IroN mAN , SI MANUSA SETRIKAAN he3.. superhero teknologi dah pokoknya,

2. Speed Racer, lumayan buat nostalgia masa kecil hoho, masih ga kita punya imajinasi?

3. Narnia, viewnya bagus-bagus banget, ck..ck..

4. Next ada Indiana Jones ‘Crystal skull‘ (lupa terlalu panjang judulnya)… Baguuuss bgt, meskipun uda keliatan tua sih.. ceritanya masih kocak banget. Harus Nonton!!

5. KungFu Panda, uhui, film ni pengisi suaranya Angelina Jolie n Jackie Chan. Meskipun tubuhnya gemuk, ‘Po’ tergila-gila banget sama kUngFu, dan dia selanjutnya belajar untuk menjadi Master. -sayang lum ada di Bali-

6. The Incredible Hulk, pemain Edward Norton (huah..) Liv Tyler yaahhh, lumayanlah.. yang jelas Si ‘Dokter Gila’ itu suka.. he3.. emang lebih bagus daripada yang dulu, yang bisanya cuma loncat-loncat dan aga tidak masuk akal.. hehe

7. P.S. I Love you, Hilary Swank ‘n Gerard Butler. Sumpaaaaaaahhh… make me cRy.. huhu, andai saia pUnya suami semanis iTu. haha. Ceritanya toUchd bgt!! jadi bagi para cewe, wajiB! Musti! kudu! nonton film ini.

8. Hancock, film superherO ini beda banget dari film suPerhero yang lain. Pemainnya Will Smith, ceritanya bagus ‘n ga perlu mikir ksana kmari untuk nOnton ini…

9. Wanted, film tentanG pembunuh-pembunuh bayaRan yang bekerja sama untuk menyingkirkan pengkhianat diantara mereka. Angelina Jolie… sooo.. seXy! haha, flashback, tapi Film ini, Keereeeenn bangeett.

10. August Rush, Open ur heart… and listen.. Can you hear it?  And someday..someday, we’ll be together [suka banget sama Soundtrack’nya] ^^ Love it!!

absolutely, No Horror Indonesia.. Cukup sudah eksploitasi terhadap hantu-hantu.

Ketika Saya Menonton Televisi…

“Cinta memang gila
Gak kenal permisi
Bila disengatnya
Say no to kompromi”

Hah.. lagi suka banget denger lagunya NETRAL (Banyak sih, tp sekarang yang lagi sering ya itu).. Soalnya denger lagu-lagu sekarang malah suka pusing..
Temanya selingkuh semua (Please don’t do this), dengan lirik-lirik yang kontroversial pula. DAn BanD-band ‘itu’ hampir setiap hari bergentayangan di Televisi. Hampir ga ada lagu yang bagus saat ini, kecuali lagunya PADI yah.. Saya takut suatu saat taste saya dalam bermusik juga ikut turun.

Sama halnya dengan sinetron-sinetron dubbing yang sedang digandrungi oleh mbok-mbok saia yang dirumah. Dengan kepiting raksasa, capung raksasa, ikan raksasa.
Ada apa ini? Mengapa? Kenapa?
Ternyata, film Indowood / Bollywood hehe.. memang ceritanya ga bervariasi, kalo engga yang cewenya miskin, pasti cowonya.. ck,, aneh, mungkin sebenarnya mereka ga suka film fairytale yah. Susah emang hidup ditengah masyarakat yang suka dengan mitos. Bukannya ga percaya, cuma memilah-milah mana tontonan yang baik dengan kosakata yang baik pula.

Terlalu banyak cerita Si Kaya dan Si Miskin, Si cantik dan Si buruk rupa tapi tidak bermakna sama sekali.
Sedikit Film yang saya tahu mengangkat jiwa Nasionalisme seperti Nagabonar (memang sedikit yang saya tahu). Tolonglah saya, yang setiap hari ikut terkontaminasi dengan sinetron yang ceritanya dipanjang-panjangin, dengan infotaiment di setiap channel TV . Owh, sekarang saya jadi hafal Sandra Dewi beli baju kemana.

Lakukan sesuatu!!!

Ketika kebenaran itu ada…

Ketika kebenaran itu ada, saya benar-benar bingung. Ternyata benar juga ada saatnya. Benar juga ada waktunya. Benar disaat pada seharusnya salah. Begitu kan dok?

Ketika masih kecil, kita diajarkan mana benar dan salah, Ketika beranjak dewasa kita mengetahui mana yang benar dan salah, Ketika menjadi mahasiswa saya belajar menutupi kesalahan dengan kebenaran. Seseorang memberitahu saya, meletakkan benar ditempat yang benar, meletakkan yang salah ditempat yg salah. Tapi semua orang pernah lupa dengan kata-katanya. Begitu juga saya.

Ketika kita beradu argumentasi tentang mana salah dan benar, semua orang mempunyai alibi untuk menyatakan bahwa ‘kelakuannya’ itu yang benar, yang diterima, meskipun dengan cara yang salah. Mungkin maksudnya, meskipun dengan cara yang salah, tapi dia melakukan untuk kebenaran begitu? mungkin. Mungkin benar, mungkin juga salah.

Yah, jadi orang jangan terlalu prinsip katanya. Jadi ga salah dong kalo yang benar itu dibelok-belokkan sedikit-sedikit?

Me Without Hp

Hoaaaaaahm….. minggu  pagi..pagi..

wah, hari ini tumben bangun pagi, habis mengedit berita kemarin sampai subuh, tetep aja mata ini terbuka jam setengah 7 seperti udah ada alaramnya. Jadi deh nonton gosip pagi-pagi gini.

Tiba-tiba ada SMS dateng, katanya sih hari ini jam 9 sampai jam 1 siang jangan mengaktifkan HP, karena ada Radiasi RING IN RED (Infra merah level tinggi=0866, yang membuat penerima tewas dan rusak saraf) yang sudah melanda dunia. WASPADAI sampai WHO menyatakan aman. Wah, serem banget. Ada-ada saja sekarang ini. Termasuk tadi pagi mendengar berita ada ilmu hitam via SMS, apa-apa sekarang sudah via Hp, yah, termasuk ngeBom juga, teknologi ternyata bisa disalahgunakan seperti itu yah.

Berarti, dipastikan saya dilarang memegang HP nih sama ortu. Padahal, tanpa HP hidup saya bisa pusing dan ga karuan. Apa-apa perlu teVon kan? apalagi SMS.. huhuhu gratisan lagi.. kaku deh jempol sehari ga dipake. HP dan saya udah seperti pacar yang ga bisa dilepaskan lagi. Pernah deh, sudah sampe dikampus, balik lagi cuma gara-gara si Hp saya ketinggalan. ck..ck..

Jadi, hari ini saya lagi bingung, rasanya seperti ditinggal pacar (dalam arti sebenarnya juga.. hehe). Tanpa Hp, tanpa telpon.. dan tanpa SMS. Hanya ada TV yang melengkapi dan laptop ini. Benar sudah hari Minggu ini akan saya lalui mungkin dengan tidur lagi.

Ups.. tapi ada satu hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan di hari libur. Libur dari mandi…… (gileee…jorok bgt)

Next Newer Entries