DoLang (Dokter Petulang) 2

Karangasem dikala tak gersang..

Karangasem dikala tak gersang..

Day 3

main-main duluHoaaaahm.. pagi ini agenda kami adalah Pemasangan Tugu, Penyuluhan ke SD dan Penelitian. Sebelum itu kami menyempatkan diri mencari keringat sebentar, bermain futsal dengan bola voli di lapangan desa terdekat. hehe. Menyenangkan, itung-itung mepererat kami dengan suasana desa, sehingga membuat kami semakin betah.

gali lubang tugu euy..Kegiatan sebelumnya adalah menggali lubang, untuk pemasangan tugu sebagai tanda mata meninggalkan jejaka-jejaka eh? jejak-jejak manis kami di desa itu.🙂

ini lho tugunya.. maav, nutupin dapil Caleg.. peace^^

KERSOSKES XXV

Setelah menimba air untuk mandi, dimulailah kegiatan MCK masing-masing untuk bersiap-siap menuju SDN 1 Dukuh. Cuaca yang mendung di Karangasem ternyata tidak membuat surut niat anak-anak untuk sekolah, kalo kami mungkin akan meringkuk di balik selimut sampe siang.. hehe.. Rata-rata anak-anak disana berjalan kaki kesekolah kurang lebih 10 Km. Bila beruntung ada truk pengangkut yang membawa mereka keatas sampe sekolah. Maklum, sekolah letaknya diatas.

Kami disambut oleh bapak guru dan beberapa murid kelas 4,5, dan 6 yang akan menjadi target penyuluhan kami. Penyuluhan kami salah satunya tentang “BAHAYA MEROKOK”. Mulailah kami melakukan diskusi 2 arah untuk melibatkan anak-anak dalam menjawab pertanyaan kami dan semakin mempermudah anak-anak untuk memahami. Mulailah teman-teman saya bertanya “Ayoooo adiik-adik, siapa yang tau bahaya merokok? dapet hadiaaah looohh!!”,ungkapnya. Terlihat satu orang mengacungkan tangan. Lalu segera saja dia menyebutkan “Merokok… uhm.. dapat menyebabkan Kanker, gangguan jantung….. apa ya? merokok dapat…lupa!” (wah, iklan sekali anak ini). “Kok tau dik?”, kata teman saya. “iya,, ibu saya jualan rokok..”, ungkap anak itu dengan polosnya.

siapa yang bisa jawaaabb?Setelah mendapatkan hadiahnya, teman saya melanjutkan pertanyaannya. “Sekarang siapa yang bisa menyebutkan 2 jenis perokok?”, tanya teman saya. Mulailah banyak yang ingin menjawab karena mendapatkan hadiah dari kami. Akhirnya satu orang anak maju dan menyebutkan “Sampoerna dan X-Mild”, katanya dengan bersemangat! Gubraaaakz… huahahaha.. “Adik-adik sekalian, jenis perokok ada dua, SATU perokok Aktif, DUA Perokok pasif, tapi gpp, karena sudah berani maju, kita kasih hadiah.. tepuk tangan semuaaaaaa”, saya melanjutkan. hehehe.  Penyuluhan berlangsung cukup menarik, karena melihat anak-anak tersebut antusias (semoga bukan hanya karena hadiahnya =p). asik, dapet hadiah ^^

penting sekali bagi kami agar anak-anak ini mengetahui bahaya merokok sejak dini agar tidak mencoba maupun sebagai korban dari keluarga yang perokok aktif dan proteksi dini terhadap kesehatan diri masing-masing. Hayoooo!! masih merokok? cobalah untuk berhenti kawan.. hehe.

anak-anak SD panitia berfoto bersama di SD🙂

)

Selesai Penelitian dan Penyuluhan tentang bahaya merokok, kami berfoto bersama dan kembali Puskesmas Pembantu tempat kami menginap. Merasa kelaparan sangat. Lagi-lagi konsumsi telat datang. terpaksa makan mie lagi.. hehe.. Mau mandi.. eh? air ditampungan habis!! ga hujan pula… Jadi kami beli air buat mandi.. jam 3 siang baru datang mobil tangki air kami.. uhuuiii.. mandiiiii ^^

Sambil menunggu mobil tangki, mengusirkebosanan, kami bermain kartu dan mengudara lagi. hehehe..

OPENING : Huaaaaloooowww!! Dukuhnersss.. dimanapun kalian berada, selamat mendengarkan Dukuh FM mengudara lagi di siang yang panas ini. Wahai para pendengar setia KERSOSKES, apa kabar disana? sudah selesai semua kegiatannya?

kreeesseeeeeeeekkk….

“woiii duKuh FM!! dewa nih”, kata teman saya di desa yang lain.

Dukuh FM : ” alow, pak Dewa, apa kabar di Juntal? sudah selesai kegiatannya?”

Dewa : “sube boz (sudah bos) request lagu dong! buat temen2 nih..”

Dukuh FM : “okedeh pak Dewa dsana.. kuputarkan saja lagu tanpa menanyakanmu dulu ya, mumpung lagi santai.. Satu lagu dari Bang Rhoma, judulnya “Santai…” selamat mendengarkan”

Syaraf tegang karena berpikir sehari-hari
Otot kejang karena bekerja sehari-hari
Santai… santai…
Yo kita santai agar syaraf tidak tegang
Yo kita santai agar otot tidak kejang
Yo kita santai agar syaraf tidak tegang
Yo kita santai agar otot tidak kejang… (lirik lagu Santai)

siiiiinggggg… “tak ada tanggapan! pada mabok semua jangan2 nih denger lagunya”, kata temen saya. wakakakak kami semua ketawa ngakak..

kressseeeeekkk…..

“woy! bin cepok lagu care keto matiang rage HT ne!!” (lagi sekali lagu kaya gitu aku matiin HT nya nih..)

Dukuh FM : “nah..nah.. siapa ni?”

Suputra dsini oiiit…

Dukuh FM : “owww.. bapak Suputraa.. engken pak? kirim salam?”

Suputra : “gak..gak.. request lagu aja.. yg ajep-ajep ada?”

Dukuh FM : “wuihh? ada.. ada.. tunggu yaaaa…”

-bingung memvisualisasikan lagu ajep-ajep, disamping emang jarang ada liriknya.. hahaha-

krreeessseeeekkkkkk….

“Teguh nih! kirim salam lagi buat mami dirumah, bapak, adik2.. blaa..blaa..”

Dukuh FM : “apa bedanya sama yang kmaren? iihhhh…”

kressseeekkkkkkkk…..

anonim : “minta lagunya “Telpon AKU 727 enam kaliiii… lupa siapa yg nanyi”

anonim 2 : “alow, Dukuh, “aku pasti kembali” dong, salam buat Bendahara KERSOS!”

“aLow, Dewa lagi ini, mo curhat dong.. boleh gak?

Dukuh FM : “bolehhh.. silahkan…”

Dewa : “gini mbak penyiar.. aku ketemu cewe dijalan………”

Dukuh FM : “apakah bener itu cewe pak Dewa? sudah dipastikan? secara anda sering salah menganggap pria sebagai peyempuan!”

Dewa : “jeg, sudahh.. kan gini…. (dipotong penyiar lg)

Dukuh FM : “Nah, sekarang udah diliat blom? kakinya nyentuh tanah apa engga? huehehehe”

Dewa : ” Beh! buung rage curhat jeg interupsi gen terus.. huahahaha (beh, ga jadi aku curhat, di interupsi aja terus) =p

Dukuh FM : “hahaha.. ngambul dia puk, OKdeh, para pendengar sekalian, sebagai penutup, kebetulan makanan uda dateng, penyiar udah kelaperan banget, mobil tangki air udah dateng, saatnya MCK, kami ciao dulu lah.. Lagu terakhir “Aku Pasti Kembali”

— jreeeennng..kami bernyanyi lagi…..–

Jam 4 Sorenya kami membuat acara perpisahan kecil-kecilan kepada warga setempat dan anak-anak di SDN 1 Dukuh, bertempat di Balai Banjar Dukuh. Disana kami menyumbangkan Baju-baju layak pakai yang sudah kami kumpulkan (terimakasih kepada yang sudah menyumbangkan🙂 ), memberikan beasiswa kepada Siswa berprestasi yaitu Juara 1,2, dan 3 masing-masing untuk kelas 1,2,3,4,5 serta kelas 6.  Memberikan sumbangan 2 buah lampu untuk di  Banjar, Bola voli dan Net.

Sambutan dari kepala desa pun tak kalah heboh (mengeluarkan kertas double folio) waw, alamak.. berdiri bakal lama nih, pikir saya.. hihi.. intinya “terimakasih, karena adik-adik mahasiswa sudah mau datang kesini, semoga menjadi dokter yang baik dan mau membantu sesama yang membutuhkan”.

Awignamastu!!

“Semoga adik-adik serta temen-temen semua mampu terus berprestasi, tetep berusaha sebaik-baiknya dan tetep semangat belajar! om, canti canti canti, om”, ujar saya mengakhiri penutupan.

)

baris yang rapiii ya diiikk ^^ Bapak Kelian Dinas beserta adik-adik

Jam 5, saatnya kami kembali ke Desa pusat di Abalon, karena kami akan membuat acara malam disana. Wah, hujan deras.. niatnya kami menggunakan transport mobil untuk ke sana. Tapi apa daya, ga muat karena kita ada 30 orang.. mobil cuma 2, akhirnya di carterin truk!

huahahaha.. Hujan deras, dengan terpal diatas kepala, berdiri di truk! Jalanan naik turun dan berbelok-belok, ASTAGA! kami tau rasanya perasaan sapi! menyedihkan! uhuiii… dimulailah rollercoster ala pedesaan..

continue lagi yaahh…🙂

5 Comments (+add yours?)

  1. rastiti
    Feb 05, 2009 @ 12:55:35

    “Hujan deras, dengan terpal diatas kepala, berdiri di truk! Jalanan naik turun dan berbelok-belok”

    wahaha, jadi inget pelantikan TA!

    hmmm, sangat menyenangkan sepertinya!

    GungWie :
    “haha.. menyenangkan sangat.. loh? :p tergantung kita yang menjalaninya..”

    Reply

  2. Wira Santosa
    Feb 05, 2009 @ 13:49:49

    Saya request lagi! Raja Jatuh Cinta, dari Numata!😉

    GungWie :
    “aih bli.. ane cen to yaa? kok ku ga pernah denger.. hua3..”

    Reply

  3. winyo
    Feb 07, 2009 @ 08:53:04

    bwahahahahahaha … bagus ceritanya nok. lucu hehehe🙂

    yang pertama juga lucu. seru juga ya🙂

    GungWie :
    “Apa adanya ne bli.. tanpa dibumbui.. haha.. xp”

    Reply

  4. .gungws
    Feb 08, 2009 @ 16:19:10

    “Hujan deras, dengan terpal diatas kepala, berdiri di truk! Jalanan naik turun dan berbelok-belok, ASTAGA! kami tau rasanya perasaan sapi!menyedihkan! uhuiii…” >> siapa bilang sapi2nya sedih? klo rame2 mereka seneng, yg sedih tu klo naek trusk sndiri…
    *ud wawancara pak sapi waktu nebeng ke batur!hohoho*

    wah…saia ga nyangka wie mandi…..salut!

    GungWie:
    “hahaha.. kami merasa sedih! kan sapi.. loh? hehe.. sial, dsana mandi lah gung. dsini? lum tentu hahaha”

    Reply

  5. SIge
    Feb 10, 2009 @ 08:47:51

    Lancar yah dukuh FM nya..bih foto landscape nya asikk banget…..hmmmmm…jadi narik nafass panjang deh…

    wakakka…pernah jadi sapi toh rupanya..hahaha. parah… :))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: