DoLang (Dokter Petulang) 2

Karangasem dikala tak gersang..

Karangasem dikala tak gersang..

Day 3

main-main duluHoaaaahm.. pagi ini agenda kami adalah Pemasangan Tugu, Penyuluhan ke SD dan Penelitian. Sebelum itu kami menyempatkan diri mencari keringat sebentar, bermain futsal dengan bola voli di lapangan desa terdekat. hehe. Menyenangkan, itung-itung mepererat kami dengan suasana desa, sehingga membuat kami semakin betah.

gali lubang tugu euy..Kegiatan sebelumnya adalah menggali lubang, untuk pemasangan tugu sebagai tanda mata meninggalkan jejaka-jejaka eh? jejak-jejak manis kami di desa itu. 🙂

ini lho tugunya.. maav, nutupin dapil Caleg.. peace^^

KERSOSKES XXV

Setelah menimba air untuk mandi, dimulailah kegiatan MCK masing-masing untuk bersiap-siap menuju SDN 1 Dukuh. Cuaca yang mendung di Karangasem ternyata tidak membuat surut niat anak-anak untuk sekolah, kalo kami mungkin akan meringkuk di balik selimut sampe siang.. hehe.. Rata-rata anak-anak disana berjalan kaki kesekolah kurang lebih 10 Km. Bila beruntung ada truk pengangkut yang membawa mereka keatas sampe sekolah. Maklum, sekolah letaknya diatas.

Kami disambut oleh bapak guru dan beberapa murid kelas 4,5, dan 6 yang akan menjadi target penyuluhan kami. Penyuluhan kami salah satunya tentang “BAHAYA MEROKOK”. Mulailah kami melakukan diskusi 2 arah untuk melibatkan anak-anak dalam menjawab pertanyaan kami dan semakin mempermudah anak-anak untuk memahami. Mulailah teman-teman saya bertanya “Ayoooo adiik-adik, siapa yang tau bahaya merokok? dapet hadiaaah looohh!!”,ungkapnya. Terlihat satu orang mengacungkan tangan. Lalu segera saja dia menyebutkan “Merokok… uhm.. dapat menyebabkan Kanker, gangguan jantung….. apa ya? merokok dapat…lupa!” (wah, iklan sekali anak ini). “Kok tau dik?”, kata teman saya. “iya,, ibu saya jualan rokok..”, ungkap anak itu dengan polosnya.

siapa yang bisa jawaaabb?Setelah mendapatkan hadiahnya, teman saya melanjutkan pertanyaannya. “Sekarang siapa yang bisa menyebutkan 2 jenis perokok?”, tanya teman saya. Mulailah banyak yang ingin menjawab karena mendapatkan hadiah dari kami. Akhirnya satu orang anak maju dan menyebutkan “Sampoerna dan X-Mild”, katanya dengan bersemangat! Gubraaaakz… huahahaha.. “Adik-adik sekalian, jenis perokok ada dua, SATU perokok Aktif, DUA Perokok pasif, tapi gpp, karena sudah berani maju, kita kasih hadiah.. tepuk tangan semuaaaaaa”, saya melanjutkan. hehehe.  Penyuluhan berlangsung cukup menarik, karena melihat anak-anak tersebut antusias (semoga bukan hanya karena hadiahnya =p). More