DoLang (Dokter Petualang)

Kersoskes 35Kegiatan Kerja Sosial Kesehatan (KerSosKes) XXV yang dilaksanakan di Karangasem Kubu pada tanggal 29 Januari 2009 sampai 1 Februari 2009 merupakan kegiatan rutin Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang berlangsung dengan cukup baik. Setidaknya 1200 warga Karangasem-Bali mendapatkan kesempatan berobat gratis.

SpeCial thanks untuk bli Gede Nurhadi yang sudah menyumbangkan baju-baju layak pakai kepada kami, sehingga dapat disalurkan bagi warga yang membutuhkan🙂

Day 1

Kami berangkat dari kampus dengan membawa semangat petualangan dan dedikasi tinggi terhadap almamater kami. Untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan membantu semampu kami, selain untuk mengasah soft skill kami. Tiba di tempat tujuan Desa Abalon yang menjadi tempat pembukaan sebelum nantinya kami 200 orang dipecah ke 6 titik. Yaitu Desa Batu Dawa (Long Stone-sebutan temen2), Batu Giling (Rolling stone), Nusu (Nusu Paradise), Bantas, Dukuh, dan Juntal. Hari pertama kami melakukan bersih-bersih sambil menyiapkan acara Pelayanan Kesehatan dan Peyuluhan yang menjadi agenda kerja utama kami. Bagaimana mengubah Pola Hidup Masyarakat. Kami menginap di Puskesmas Pembantu desa Dukuh, kebetulan saya kebagian di Desa Dukuh. Hmm.. mandi harus nimba dulu.. hehe kamar mandi terbatas hanya DUA. Jadi sambil menunggu giliran bersih-bersih dulu dan sembahyang. Malamnya masak-masak, bikin kopi, ngobrol-ngobrol lalu tidur. hehe. ga begitu dingin ternyata.

Day 2

nunggu giliran mandi.. hahaPagi-pagi buta (jam 4 pagi) sudah ngantre anak2 pada rebutan memakai kamar mandi (panggilan alam.. hihi) sementara yang lainnya berharap konstipasi melanda sampai Kersoskes berakhir. Saya ngambil ember dan nimba aer dulu.. aer Hujan tepatnya. Pilihan mandi hanya sedikit. Pertama, pakai Air Laut yang pastinya lengket. Kedua, pake air Hujan. Ketiga, pake air mata Haha. Jam 7 pagi kami sudah siap-siap di Banjar, bersih-bersih dan menyiapkan segala persiapan untuk Pelayanan kesehatan. Ups.. pasien pertama datang jam Setengah 9, sedangkan kami buka jam 10. Yasudah, sambil menunggu dokter saya mengajak ibu itu mengobrol setelah registrasi.

pasien ptama kitasaya : “napi sakitang ibu mangkin buu?”

ibu : “gek, tiang nunas obat manten nggih driki,, ten medue jinah..tiang ngubu manten”

saya : ” nggih buu, gratis driki. Mangkin napi sakitang ibu?”

ibu : “sampunang kerik matan tiang nggih, sakit duuhh. gratis ten meubad driki?

saya : (merasa si ibu kurang pendengaran)”Nggih BUU! Ten Naur! grAtis!!”(setengah berteriak) dan si Ibu tetap mengulang pertanyaan yang sama. Temen-temen saya ktawa. Karena pasien kecepetan dateng, tapi dokternya blum ada yang dateng membuat sedikit menumpuk kerjaannya. Tapi semuanya berlangsung dengan baik.🙂 Jam 3 sore selesai juga pelayanan kesehatan ini, lalu hujan turun dengan derasnya sampai malam. euuh.. kami berniat mandi berjamaah mumpung hujan. hahaha. Yah, setidaknya kita bisa nampung air untuk mandi hari ini. Merasa kelaparan dengan sangat! eeehhh!! konsumsinya telat..  mie penyambung hidup..alhasil kita makan2 kue sisa, hihi ga ding.. makan mie (penyambung hidup kami untuk sementara) Malamnya kita briefing acara penyuluhan dan penelitian untuk murid-murid SDN 1 Dukuh. Ah.. Bosan bermain kartu, iseng saya main-main dengan HT nyambung ke Desa-desa tempat temen2 yang lain. Timbul ide jail, siaran lewat HT! huahaha

Mulai opening : Dukuh FM!!

“Selamat malam para pendengar KERSOSKES,  Dukuh FM disini sedang mengudara, untuk menghibur temen-temen sekalian dikala suntuknya malam ini karena kehilangan sinyal Hp dan bosan dengan malam yang terus saja hujan. Ada yang mau request lagu? ato kirim-kirim salam lain desa? yuukk..monggo.. ”

kresseeekkk….

“halo, malem dukuh FM! (Wah, ada yg nanggepin.. haha.. penyiar2 Dukuh FM antusias mendengarkan) Dewa nih oy!”

DUKUH FM : “aih,, senang mendengar anda pak Dewa! Desa mana? mo kirim salam buat siapa?”

Dewa : “desa Juntal ne.. mo minta lagunya pasto yang “aku pasti kembali” ya.. buat temen2 di juntal.. hehe

kreeseeekkk (interupsi dari desa lain)

Teguh : “Woii.. dukuh FM! nitip salam, buat ibu dirumah, bapak, adik, saya akan segera pulang mom..”

Dukuh FM : “beh.. ade2 gen ne.. okdeh, segera saja satu lagu untuk Pak Dewa dsana. cihuii.. kanggoang kami Dukuh FM ngambil gitar dulu yak! haha”

— Lagu “aku pasti kembali” mengalun… dengan genjrengan gitar kami

selesai lagu, kembali ada request! ST12 “cari pacar lagi”. Dengan berat hati kami menyanyikannya.. wakakkaak.. Kemudian request lagi lagu Kangen Band.. akhirnya… “maav, lagu kangen band kami gak putar.. huahaha”

penyiar bergelimpangan Siaran pun berlanjut sampe jam 12 malam. Masih aja ada yg request. Akhirnya penutup kami mohon pamit, penyiar be kiap sajan soalne.. yukk yak yuuukk… Zz..zzZ.. BOBO dalem sleeping bag  q(_ _)p

to be continue…

6 Comments (+add yours?)

  1. jer
    Feb 03, 2009 @ 15:38:02

    request lagunya seru, sayang para kangeners FK belum bisa diakomodir aspirasinya,hehehe

    Reply

  2. .gungws
    Feb 03, 2009 @ 15:41:33

    hwahahaha….iriii…tampaknya seruuu!terakhir terdampar gini 2 tahun lalu..hehehe

    trus, wie mandi?

    melihat pasien pertama itu..jadi terenyuh..trus gmn hasilnya?hihihi

    ditunggu kelanjutannya 🙂

    Reply

  3. nanoq da kansas
    Feb 04, 2009 @ 06:04:30

    dulu, semasih aku remaja, rumahku selalu jadi tempat mondok para mahasiswa KKN dari UNUD dan ASTI (sekarang ISI Dps). dan, dulu, aku selalu jatuh cinta pada salah satu mahasiswinya. tapi karena aku anak dusun dan tidak makan sekolahan, maka perasaan itu kupendam saja. kadang-kadang jadi puisi (cengeng), kadang-kadang jadi sebuah sketsa. ketika masa KKN mereka selesai, aku akan jadi sedih sendiri…

    sssstttt… jangan bilang-bilang sama Tuhan ya🙂

    Reply

  4. Wira Santosa
    Feb 05, 2009 @ 13:43:57

    Saya request lagu! Raja Jatuh Cinta, dari Numata!😀

    Reply

  5. SIge
    Feb 10, 2009 @ 08:42:23

    wahhhh..cooooooollll kalian buk…mantab…

    Heh? jam 4 pagi udah pada panggilan alam? hmm masuk akal sie, tapi pagi2 banget yah..hehe..

    BUbuk nya kek pindang gitu yah…hehe.

    lanjuttt lageeee…

    Reply

  6. Ladies Traveler
    Feb 21, 2011 @ 08:08:15

    Jadi inget masa-masa KKP (Kuliah Kerja Profesi) dulu…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: