Selamat Hari Pahlawan kawan…

Social work

Social work

Tanggal 9 November 2008 lalu, saya mengikuti Pelayanan Kesehatan (Yankes). Berangkatlah saya dengan ketidaktahuan saya mau ngapain aja hari ini, saya meluncur kekampus jam 06.00 pagi (masih ngantukpastinya). Sampai di kampus, saya tanya panitia sana sini, tidak ada yang tahu siapa yang melaksanakan kegiatannya, dalam rangka apa, dsb. Yang jelas Yankes dilaksanakan di Blahkiuh, Abiansemal. cuma itu! Setelah sampai disana, kami disambut oleh bapak-bapak yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ternyata dulu beliau seorang pejuang… Banyak hal yang dibicarakan, mulai UU pornografi (kelihatan sangat berapi-api) saya cuma senyum-senyum saja. Lalu protes eksekusi Amrozi “Dulu ya, mayat-mayat bergelimpangan di bale, sekarang mayat mereka saja diangkut pake helikopter…” ungkapnya. “Saya mengadakan kegiatan ini, murni tidak ada campur tangan politik.. ingat ya! sama sekali tidak..ini murni serangkain Hari Pahlawan 10 November nanti.”tambahnya.

Sedang berbincang dengan Bagus Ngurah Rai, salah satu pejuang

Sedang berbincang dengan Bagus Ngurah Rai, salah satu pejuang

Sambil mendengar bapak itu bercerita bagaimana rumahnya diserang, saya membuat rute jalan pasien (karena berpikir kami cuma 11 orang, 6 dokter dan 5 mahasiswa) yang harus seefektif mungkin, ada satu yang di registrasi, 5 dokter memeriksa, lalu ke bagian pengambilan obat, dan suntik, cek asam urat dll. Saat itu datang serombongan orang cina, tidak jelas, memakai dandanan yang sama, dengan tergesa-gesa, mengatur bangku, menaikkan tenda, membawa snack, mengeluarkan persediaan obat-obatan. Kami diam. lalu memutuskan untuk ikut membantu. Ternyata mereka sukarelawan dari Korea yang mempunyai cabang di Bali. Yayasan Tzu shi kalau saya tidak salah ingat. Mereka memang bergerak di bidang sosial. Mereka sangat sigap dan cekatan dan tentu saja sangat memikirkan kami sebagai yang bertugas disana. Pertama koordinator dilapangan memperkenalkan diri, tapi saya seperti biasa lupa namanya (maaf..)

Si korlap : “hm.. liat Antis ga dsini waktu ngambil obat…aaaa…” (orang cina dialeknya ada aaaa “eeee” gitu dibelakangnya, yah begitulah kira-kira.

Saya : ” ha? engga pak..”

Si korlap : “wah, padahal saya beli 10 aaaa.. buat kaliaaan… kalo gitu saya beli lagi sekarang aaaa..” sambil langsung pergi..

Saya :”waw, niat sekali….” ujar saya kepada teman sebelah.

Lalu saya melanjutkan kerja di bagian obat dan resep, sesekali menyuntik pasien. Tidak terasa keringat sampai menetes karena sudah siang. Lalu si Korlap datang lagi.

Si korlap : “ini saya bawakan tissue.. ada yang mau tissue aaaa? panas yah? waduh, lupa saya bawa kipas angin aaaa…”

sambil mengucapkan terimakasih atas tissue’nya. dia berlalu dan datang dengan membawa bagian kardus yang sudah dipotong. Lalu berkata ” hayooo.. yang mau dikipasin bayar yaaaaaa….”

saya dan teman2 :” haha, bapak bisa aja deh..”

si Korlap :” iya, habis kasian bu dok semuanya kepanasan aaaa…” lalu ngobrol dengan temannya dalam bahasa yang tidak saya mengerti. Beberapa menit kemudian datang sukarelawan yang lain dengan kardus mengipas-ngipasi saya. Saya otomatis bingung. “aduh, ga usah mbak.. buat apa.. ga papa kok..”sahut saya. dia :”ga papa, dok kerja aja….”

tuh,beneran dikipasin.. haha

tuh,beneran dikipasin.. haha

waw.. terkejut saya akan antusiasme mereka. Benar-benar sangat melayani dengan baik, baik pasien maupun yang bertugas disana. Tidak terasa menunjukkan pukul 3 sore. Warga juga sudah tidak ada yang datang. Lumayan banyak hari ini yang datang 302 orang. Mereka rata-rata Buddhist, ada beberapa sukarelawan orang bali. Tidak menyesali hari Minggu saya diisi kegiatan seperti ini. Saya isi Hari Pahlawan ini dengan kegiatan yang berguna. Kalian?

Hah.. Sedang bersyukur atas udara yang kita hirup.. kebersamaan yang mengalir.. dan semua hal yang masih dititipkan pada kita..

)

SPG mejeng.. hihi🙂

4 Comments (+add yours?)

  1. jer
    Nov 11, 2008 @ 05:11:02

    powerful sunday! go for more=)

    Reply

  2. gdwgdw
    Nov 11, 2008 @ 09:58:35

    @jer:🙂 jangan tidur mulu bli.. haha

    Reply

  3. Wira
    Nov 13, 2008 @ 00:00:57

    Telah lahir pahlawan kecil.

    Tetap berjuang!

    Reply

  4. SIge
    Nov 24, 2008 @ 08:20:01

    Wah menarik sekali kegiatannya, social activities..yah semoga bisa memberi manfaat kepada masyarakat..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: