Hidup dan temannya..

Pertama kali melihat pasien meninggal di ruangan.. huff.. susahnya menahan tangis.. sampe berkaca-kaca aja sih, kepala saya ditepuk sama dokter jaganya. “sudah.. mulai sekarang harus dibiasakan…”,sahutnya.. sampai datang tempat jenazah itu..

Saat ini sedang jaga di Interna, tapi bukan coass sih.. Kepanitraan Klinik Remaja (KKR). Hanya melatih anamnesis dan pemeriksaan fisik pasien. Observer lah.. Seperti film LOVE ACTUALLY, yang latarnya ada di Bandara, ternyata di Rumah Sakit kurang lebih sama. CINTA.. yah.. CINTA, meskipun berselimut dengan air mata..

on duty..

on duty..

Terbiasa.. yah, terbiasa.. sepertinya masih perlu adaptasi. Masih belum bisa melihat raut seseorang kehilangan orang yang disayanginya. Tadi keluarganya sampai histeris😦 aku hanya bisa gigit bibir menahan tangis.. “jadi dokter harus ber-empati, tapi jangan ber-simpati…” entah kata siapa aku tidak bisa mengingatnya…

Beberapa menit kemudian.. datang lagi pasien anak-anak kejang. Ayahnya sibuk menenangkan anaknya. Ibunya memegang tangannya. Semuanya pasti berharap akan baik-baik saja..

Ah.. kukira aku tidak sanggup melanjutkannya… beratnya kehilangan seseorang, aku tidak tahu rasanya.. Tapi rasanya (sepertinya) aku tahu..

sometimes everythings felt unfair.. Cintailah selagi bisa.. Somebody need yOu..

10 Comments (+add yours?)

  1. gungws
    Oct 20, 2008 @ 16:33:59

    semangat,buu! ‘andalah’ kuncinya!klo dokternya ikut nangis..keluarga pasien ikut panik donk…hehe

    Reply

  2. a!
    Oct 29, 2008 @ 07:56:08

    kamu kehilangan siapa, wi?

    Reply

  3. gdwgdw
    Oct 31, 2008 @ 14:09:05

    @gungws : kata nidJi.. mimpi adalah kuncinya gung.. haha
    @a! : Uhm.. kakek saia dl.. huhuhu… yah, uda jalannya kali..

    Reply

  4. a!
    Nov 03, 2008 @ 16:35:56

    yaudah. cari kakek lagi aja.🙂

    Reply

  5. gdwgdw
    Nov 03, 2008 @ 16:37:58

    @a! : yaaa.. mas antoon…
    gmana caranya coba… hehe..

    Reply

  6. SIge
    Nov 07, 2008 @ 12:11:44

    wah kebetulan, saya juga punya pengalaman sama persis, cuma yang membedakan adalah saya laki-laki dan itu terjadi terhadap kakek ibu saya.

    Sebelum kakek berangkat ke “rumah tua” (baca umah tue), saya sempet memeluk dan merangkulnya, saya sapa dalam hati, saya doakan selama saya disana. Keadaannya pada saat itu sudah gag enak banget, mata nya naik keatas, kemudian nafas udah berat sekali.

    Kata paman sie, kakek sempet jatuh 2 kali di halaman rumah, dan pada saat saya kesana nengok rencananya akan “ngulapin”, nah sehabis di upacarai sempat saya panjatkan doa, pas doa habis nafas kakek berhenti, kaluarga sudah nangis juga, termasuk paman. Saya dekati kakek, saya raba nadinya. astaga, sudah tidak berdetak lagi, beberapa kali saya yakinkan merabanya dan memang sudah tidak berasa lagi. Dengan nada pelan saya katakan kepada keluarga kalo kakek sudah ‘mejalan ke umah tue’, bih spontan semua meraung-raung, saya coba menenangkan keluarga dan menghubungi keluarga terdekat, dan tugas saya sudah selesai selanjutnya ‘nyame braye’ yang melanjutkan.

    Yah, jadi saya yang bercerita..wakaka.okok..

    Reply

  7. gdwgdw
    Nov 08, 2008 @ 09:24:29

    @SIge : yah, semuanya sudah ada jalannya..
    hehe.. nanti kita jg bgtu.. tp masih banyak hal yg ingin saya lakukan.. astungkara, semua bisa lancar.. hehe.. seMangat^^

    Reply

  8. lodegen
    Nov 26, 2008 @ 21:42:58

    hai jeng. slamat menempuh hidup baru…
    semoga sering ktemu di sanglah. sering nongkrong di sana, cari2 berita kesedihan orang. Dunia emang aneh, orang suka baca kesedihan orang lain. tell me ya..

    Reply

  9. yande
    Nov 28, 2008 @ 00:19:56

    oo doker baru ya? sama dong

    Reply

  10. gdwgdw
    Nov 29, 2008 @ 03:58:11

    @lodegen : dunia ini emng aneh.. itulah yg namanya berita.. haha.. humanis.. iy, kapan2 ktemu lagi yaaa..

    @yande : hee.. blum bli..

    Reply

Leave a Reply

