Pacarku ‘si Manis

Pacarku.. dimana kamu berada..

sedang apa… dengan rutinitasmu..

Pacarku.. pernahkah kamu ada..

Pacarku dengan si manis..

Apa yang kamu lakukan..

aku sendiri

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Patofisiologi Infeksi Saluran Kemih

Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dalam tubuh, dan sebagai pengatur volume dan komposisi kimia darah dengan mengeksresikan air yang dikeluarkan dalam bentuk urine apabila berlebih.(1) Diteruskan dengan ureter yang menyalurkan urine ke kandung kemih. Sejauh ini diketahui bahwa saluran kemih atau urine bebas dari mikroorganisme atau steril.(1)

Masuknya mikroorganisme kedalam saluran kemih dapat melalui :

Penyebaran endogen yaitu kontak langsung dari tempat infeksi terdekat (ascending)

Hematogen

Limfogen

Eksogen sebagai akibat pemakaian berupa kateter.(1)

Dua jalur utama terjadinya ISK adalah hematogen dan ascending, tetapi dari kedua cara ini ascendinglah yang paling sering terjadi.(1) Kuman penyebab ISK pada umumnya adalah kuman yang berasal dari flora normal usus. Dan hidup secara komensal di dalam introitus vagina, prepusium penis, kulit perineum, dan di sekitar anus. Mikroorganisme memasuki saluran kemih melalui uretra – prostate – vas deferens – testis (pada pria) buli-buli – ureter, dan sampai ke ginjal (Gambar 1).(2)

Gambar 1. Masuknya kuman secara ascending ke dalam saluran kemih, (1) Kolonisasi kuman di sekitar uretra, (2) masuknya kuman melalui uretra ke buli-buli, (3) penempelan kuman pada dinding buli-buli, (4) masuknya kuman melalui ureter ke ginjal.(2)

Meskipun begitu,faktor-faktor yang berpengaruh pada ISK akut yang terjadi pada wanita tidak dapat ditemukan. Mikroorganisme yang paling sering ditemukan adalah jenis bakteri aerob. Selain bakteri aerob, ISK dapat disebabkan oleh virus dan jamur.(3) Terjadinya infeksi saluran kemih karena adanya gangguan keseimbangan antar mikroorganisme penyebab infeksi sebagai agent dan epitel saluran kemih sebagai host. Gangguan keseimbangan ini disebabkan oleh karena pertahanan tubuh dari host yang menurun atau karena virulensi agent meningkat. (2)

Kemampuan host untuk menahan mikroorganisme masuk ke dalam saluran kemih disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah :

  1. pertahanan lokal dari host
  2. peranan dari sistem kekebalan tubuh yang terdiri atas kekebalan humoral maupun imunitas seluler. (2)

Gambar 2. Faktor predisposisi terjadinya ISK (1)

More

Gila!

Gila…Gila.. Gila…

Aku dan Kamu

Gila… Gila.. Gila…

Tentang kita selalu

Gila… Gila.. Gila…

Sekarang kamu

Gila… Gila.. Gila..

Kita?

Gila!

Kamu?

Gila!

Aku?

Gila!

Mereka?

Orang Gila!

Hening

dalam diam

dalam ketenangan

Ditengah sisi ruangan aku mendengar

Me Without Hp

Hoaaaaaahm….. minggu  pagi..pagi..

wah, hari ini tumben bangun pagi, habis mengedit berita kemarin sampai subuh, tetep aja mata ini terbuka jam setengah 7 seperti udah ada alaramnya. Jadi deh nonton gosip pagi-pagi gini.

Tiba-tiba ada SMS dateng, katanya sih hari ini jam 9 sampai jam 1 siang jangan mengaktifkan HP, karena ada Radiasi RING IN RED (Infra merah level tinggi=0866, yang membuat penerima tewas dan rusak saraf) yang sudah melanda dunia. WASPADAI sampai WHO menyatakan aman. Wah, serem banget. Ada-ada saja sekarang ini. Termasuk tadi pagi mendengar berita ada ilmu hitam via SMS, apa-apa sekarang sudah via Hp, yah, termasuk ngeBom juga, teknologi ternyata bisa disalahgunakan seperti itu yah.

Berarti, dipastikan saya dilarang memegang HP nih sama ortu. Padahal, tanpa HP hidup saya bisa pusing dan ga karuan. Apa-apa perlu teVon kan? apalagi SMS.. huhuhu gratisan lagi.. kaku deh jempol sehari ga dipake. HP dan saya udah seperti pacar yang ga bisa dilepaskan lagi. Pernah deh, sudah sampe dikampus, balik lagi cuma gara-gara si Hp saya ketinggalan. ck..ck..

Jadi, hari ini saya lagi bingung, rasanya seperti ditinggal pacar (dalam arti sebenarnya juga.. hehe). Tanpa Hp, tanpa telpon.. dan tanpa SMS. Hanya ada TV yang melengkapi dan laptop ini. Benar sudah hari Minggu ini akan saya lalui mungkin dengan tidur lagi.

Ups.. tapi ada satu hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan di hari libur. Libur dari mandi…… (gileee…jorok bgt)